Senin, 21 Mei 2012

Cara Menampikan Thumbnail File Microsof Word dan Excel di Windows Explorer

Jika anda memilih file gambar di windows explorer apa yang anda perhatikan? Gambarnya atau nama filenya? Sebagian dari kita pasti menjawab gambarnya, nama file paling hanya dibaca untuk mengetahui detail gambar ketika ada 2 gambar yang sama persis. Tampilan dari gambar pada windows explorer itulah yang disebut dengan thumbnail.
Fungsi thumbnail sendiri sangat penting, diantaranya:
  • Mempermudah pencarian file
  • Mempercepat pencarian file
  • Pencarian menjadi lebih akurat
  • Mempercantik tampilan windows explorer
Walaupun thumbnail begitu penting, ternyata tidak semua file secara default disetting untuk memiliki tampilan thumbnail. File word dan excel misalnya, file yang memang khusus word seperti doc dan docx, serta file khusus excel seperti xls dan xlsx sebenarnya mampu menampilkan thumbnail hanya saja tidak disetting secara default saat penginstalan sehingga kita perlu tahu caranya agar file tersebut memiliki thumbnail.
Banyak yang mengira untuk menampilkan thumbnail file word dilakukan dengan mengutak-atik settingan pada windows explorer seperti menampilkan thumbnail untuk file gambar atau dengan mengutak-atik registry seperti menampilkan thumbnail untuk file pdf, padahal sebenarnya caranya sangatlah mudah.
Yang perlu dilakukan untuk menampilkan thumbnail file word dan excel pada windows explorer adalah dengan memperhatingan settingan saat menyimpan file. Saat menyimpan file word ataupun excel, pastikan pilihan “Save Thumbnail” telah tercentang, seperti pada gambar berikut:
Karena tampilan thumbnail tergantung pada saat penyimpanan file, maka tidak semua file word dan excel yang ada akan otomatis memiliki thumbnail seperti pada file gambar atau pdf, hanya file yang telah disimpan dengan pilihan thumbnail yang mampu menampilkan thumbnail di windows explorer. Untuk itu anda harus membuka dan menyimpan semua file dengan pilihan thumbnail seperti pada cara di atas jika ingin semua file memiliki thumbnail. Agak merepotkan memang, tapi setimpal dengan tampilan windows explorer anda yang cantik.
Selamat mencoba…

0 komentar:

Poskan Komentar

Bottom 2

Bottom 3