Kamis, 07 Juni 2012

5 Hewan Laut Transparan

Alam dan segala khasanahnya begitu menarik dan terkadang sering aneh, menjadi sebuah kejutan bagi kita saat kita tidak mengharapkannya. Beberapa makhluk menggunakan teknik kamuflase sebagai mekanisme berburu dan pertahanan, yang lain “menunjukkan” segala yang mereka miliki – seperti halnya yang dilakukan binatang transparan. Meskipun dari apa yang kita bayangkan, binatang transparan mereka benar-benar ada di luar sana. Tidak hanya dalam jurang laut yang dalam dan kita memiliki bukti visual akan keberadaannya. Simak saja penampakannya berikut!  

 1. Timun Laut Transparan (sea cucumber)
 
Bergerak lambat, bertubuh lunak untuk sebagian besar penghuni bawah laut, Ketimun Laut merupakan garis keturunan kuno makhluk laut yang telah berkembang dengan berbagai cara untuk mampu bertahan hidup dan berkembang selama ratusan juta tahun evolusi. Untuk beberapa Ketimun Laut, tubuhnya menjadi sangat transparan, yang  memungkinkan mereka untuk melayang-layang berenang didasar laut terdalam.

2.Ikan Es (Icefish) Transparan 
 
Ditemukan di perairan dingin di sekitar Antartika selatan dan Amerika Selatan, crocodile icefish (Channichthyidae) memakan krill, copepods, dan ikan lainnya. Darah mereka transparan karena mereka tidak memiliki hemoglobin dan/atau hanya eritrosit mati. Metabolisme mereka hanya bergantung pada oksigen yang terlarut dalam cairan darah, yang diyakini akan diserap secara langsung melalui kulit dari air. Hal ini memungkinkan bekerja karena air dapat melarutkan oksigen paling dingin sekalipun.

3. Amiphod Transparan
 
Disebut Phronima, hewan ini tidak biasa adalah salah satu spesies yang aneh baru-baru ini ditemukan di sebuah ekspedisi ke kedalaman pegunungan laut di Atlantik Utara. Dalam strategi yang cukup ironis untuk bertahan hidup, makhluk udang kecil ini menunjukkan segala sesuatu yang dimilikinya, dalam dan luar, dalam upaya untuk menghilang.

4. Squid Transparan
Ditemukan di lautan belahan bumi selatan, Glass Squid (Teuthowenia pellucida) memiliki cahaya pada organ mata dan memiliki kemampuan untuk melingkar seperti menjadi bola, seperti halnya landak air.

5. Siphonophore Transparan 
Siphonophore milik Cnidaria, kelompok hewan yang meliputi karang, hidroid, dan ubur-ubur sejati. Marrus orthocanna, sebuah siphonophore laut dalam. Pencernaannya dikombinasikan melalui sistem peredaran darah berwarna merah, semua bagian lainnya transparan.

0 komentar:

Poskan Komentar

Bottom 2

Bottom 3