Kamis, 07 Juni 2012

Mengenal Tombol 10 Shortcuts Gmail

Internet – Mungkin bagi anda sudah tidak asing lagi dengan namanya Gmail, yaitu layanan Mailing gratis besutan Google. Namun apakah anda tahu bahwa Gmail memiliki tombol shortcuts?
Tombol shortcuts adalah sebuah perintah yang kita ketikan dari keyboard untuk menjalankan program maupun fitur-fitur tertentu pada sebuah aplikasi. Sebagain memang sudah lihai menggunakan Gmail (Google Mail) namun beberapa diantar mereka juga masih belum mengetahui shortcuts yang ada pada Gmail.
Berikut sekedar informasi tentang fungsi-fungsi tombol shorcuts yang ada pada Gmail, setidaknya ada 10 shorcuts yang wajib anda ketahui.
  1. Menulis email: Menulis email (baru) di Gmail bisa dilakukan dengan menklik tombol Compose. Namun Anda bisa memanfaatkan shortcuts Shift + C.
  2. Gulir ke atas & bawah: Masih mengandalkan tetikus dalam menjelajah inbox Gmail? Gunakan shortcuts huruf K dan J untuk mengulir email terbaru dan lama di inbox.
  3. Memilih pesan: Anda bisa menklik pesan yang dipilih dengan menggunakan shortcuts huruf Xdaripada harus menkliknya dengan tetikus.
  4. Membentangkan percakapan: Ketika membuka email yang memiliki thread memanjang kebawah, biasanya kita menggunakan tetikus untuk membuka satu demi satu percakapan (conversation) yang terjadi. Tekan shortcuts huruf O atau Enter untuk membentang percakapan tersebut.
  5. Arsip: Ingin membuka arsip email yang tersimpan di Gmail? Tekan shortcuts huruf E.
  6. Membalas dan meneruskan email: Anda bisa reply dan forward email dengan menekan shortcuts huruf R serta F.
  7. Menyimpan ke draft: Simpan email yang sedang Anda tulis ke draft dengan menekan shortcutsCtrl + S.
  8. Menghapus email: Cara cepat menghapus email dengan shortcuts yakni dengan menekan simbol #di email yang sedang dibuka (baca).
  9. Pemberian label: Ingin menandai email tertentu dengan label tertentu? Sila tekan shortcuts huruf L.
  10. Tandai belum dan sudah dibaca: Action ini bisa Anda lakukan dengan menekan shortcuts Shift + I(terbaca) dan Shift + U (belum dibaca).

0 komentar:

Poskan Komentar

Bottom 2

Bottom 3