Rabu, 09 Mei 2012

Manusia Bisa Kesepian Karna Teknologi

Adanya teknologi memanglah dapat membantu manusia dalam aktifitasnya, tapi dari kemajuan teknologi yang telah dibuat oleh manusia tidak semua memberi efek positif buat penggunanya. Contohnya, dengan menggunakan teknologi selama 2 hari berturut-turut tanpa interaksi sosial dengan lingkungan sekitar, bisa menyebabkan dampak negatif berupa rasa kesepian buat yang menggunakan suatu hasil kemajuan teknologi atau istilahnya sebagai kelompok Digital Dominan.
Digital Dominan ternyata dialami kurang lebih 3% pada orang dewasa yang rutin berkutat dengan teknologi seperti Gadget, SMS, Video Chat, dan sebagainya yang sama sekali tidak berinteraksi sosial dengan lingkungan sekitar. Hal ini dibuktikan dalam sebuah hasil survei yang dilakukan oleh perusahaan marketing DNX, yang melibatkan kurang lebih seribu orang di Inggris.
"Teknologi memang sangat membantu kita. Namun, hal ini seharusnya tak menggantikan seni percakapan dan kontak manusia," kata Drew Nicholson dari DNX, seperti dilansir detikINET dari DailyMail,
Alhasil, sebanyak 19% diantara seribu orang tersebut tahan menggunakan teknologi tanpa melakukan interaksi sosial dengan lingkungan sekitar selama 2 hari, dan inilah yang menyebabkan rasa kesepian itu.
Memang kemajuan teknologi ini sangat membantu kita dalam berbagai hal, tapi tak seharusnya juga kita menghilangkan interaksi sosial dengan lingkungan agar rasa kesepian itu gak menyerang kita. Ada baiknya gunakan teknologi seperlunya saja, dengan mengurangi kebiasaan tersebut sedikit demi sedikit atau bahkan dengan membuat jadwal rutinitas kapan kita harus menggunakannya. (sumber:inet.detik.com)

0 komentar:

Poskan Komentar

Bottom 2

Bottom 3