Senin, 07 Mei 2012

Perchlorate dalam Susu Formula



                       

Apa Itu Perchlorate?

Perchlorate merupakan unsur kimia yang dapat terbentuk baik secara alami, maupun melalui proses produksi oleh manusia. Perchlorate telah digunakan lebih dari setengah abad sebagai obat untuk mengobati penyakit gondok. Ammonium perchlorate biasa digunakan sebagai bahan bakar roket, sedangkan lithium perchlorate biasa digunakan sebagai cadangan oksigen pada kapal selam dan pesawat luar angkasa.
Lalu, apa hubungannya dengan susu formula?
Sebuah penelitian yang dilakukan di negeri Paman Sam beberapa tahun yang lalu telah mengungkapkan bahwa ternyata hampir setiap orang di negerinya secara rutin selalu berhubungan dengan perchlorate tingkat rendah. Mereka mengkonsumsi sejumlah kecil perchlorate yang terkandung pada makanan, susu, serta air yang mengandung unsur kimia tersebut. Penelitian ini juga menemukan “jejak” perchlorate pada ASI dan susu formula.

Apa Bahaya Perchlorate?

Memang perchlorate tidak akan berbahaya jika dikonsumsi dalam jumlah yang kecil. Namun, jumlah banyak perchlorate dapat menghilangkan kemampuan kelenjar tiroid untuk menggunakan iodine. Padahal, kelenjar tiroid memerlukan iodine ini untuk memproduksi hormon tiroid dan hormon ini sangat penting perannya dalam pembentukan janin dan bayi, serta membantu mengatur pemakaian energi oleh tubuh.
Efek bahaya perchlorate akan muncul pada tingkat ribuan kali lipat dari kandungan perchlorate yang terdapat pada ASI dan susu formula.
Berdasarkan penemuan ini, para peneliti kemudian menentukan tingkat perchlorate yang masih aman untuk dikonsumsi sehari-hari, yang nantinya diperkirakan tidak akan menimbulkan penyakit di masa depan kehidupan seseorang.

Lalu, Amankah Susu Formula Bayi Anda?

Jangan khawatir, walaupun semua susu formula yang diteliti di Amerika sana ditemukan mengandung perchlorate, namun ternyata jumlahnya tidak sampai pada tingkat yang bisa membahayakan bayi Anda, baik untuk jangka pendek, maupun untuk jangka panjang.
Namun tentu saja berbagai penelitian lanjutan akan terus dilakukan, terutama untuk melihat seberapa banyakkah perchlorate yang diserap oleh bayi melalui susu formula.

ASI Tetap yang Terbaik

Penelitian ini semakin menguatkan bahwa ASI merupakan asupan terbaik yang dapat diperoleh oleh bayi. Seorang ibu yang menyusui bayinya, memiliki resiko lebih kecil untuk terkena kanker payudara, kanker ovarium dan diabetes tipe 2.
Jika karena suatu hal bayi Anda hanya bisa meminum susu formula, maka para ahli menyarankan untuk memilih yang mengandung iodine, untuk menekan potensi efek negatif yang dapat ditimbulkan oleh perchlorate.

0 komentar:

Poskan Komentar

Bottom 2

Bottom 3